Perbandingan Pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan Metode Diskusi dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55438/jiee.v1i2.30Keywords:
Metode diskusi dalam pembelajaran Aqidah AkhlaAbstract
Tujuan penelitian ini adalh mengetahui apakah terdapat tingkat perbedaaan hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa yang diajarkan dengan metode diskusi dan ceramah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Teknik penentuan sampel mengikuti pola quota sampling dengan jumlah 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen (yang dalam pembelajarannya menggunakan metode diskusi) dan kelompok kontrol (yang dalam pembelajarannya menggunakan metode ceramah). Instrument penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung -1.592 dan ttabel 0,254 pada taraf signifikansi 5% yang berarti hitung < ttabel (-1.592 < 0,254). Berdasarkan hasil analisis data, temuan, dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83 median 83, modus 82, dan standar deviasi 7.9. Sedangkan pada kelas control rata-rata 79, median sebesar 82, modus 82, dan standar deviasi 9.8. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar yang signifkan antara siswa yang diajarkan dengan metode diskusi dan ceramah.