Evaluasi Kebijakan Pendidikan : Strategi untuk Meningkatkan Kualitas dan Keadilan dalam Sistem Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.138Keywords:
Evaluasi, Strategi, Kualitas, PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk efektivitas kebijakan pendidikan dalam mengatasi tantangan aksesibilitas, pemerataan, dan peningkatan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur, analisis dokumen kebijakan. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kebijakan berhasil meningkatkan akses pendidikan untuk kelompok prasejahtera, tantangan dalam implementasi, seperti ketepatan sasaran dan kelengkapan data, masih menjadi kendala. Selain itu, Kurikulum Merdeka menunjukkan potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi membutuhkan dukungan pelatihan guru dan infrastruktur yang memadai. Temuan ini menegaskan pentingnya evaluasi kebijakan berbasis bukti dan pelibatan berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Evaluasi yang berkelanjutan dapat menjadi katalisator untuk menciptakan sistem pendidikan nasional yang adil, berkualitas, dan adaptif terhadap dinamika global.
References
Ade Gunawan, M. Arif Surham, M. S. (2023). Evaluasi Kebijakan Pendidikan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 149. https://doi.org/10.59098/talim.v2i02.1255
Afriza, Rafli Ramadhan, Roihan Alkhadri, M. A. (2024). Urgensi evaluasi kebijakan pendidikan. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 372–379.
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444
Asiyah, N., Thomafi, S., & Zuhdi, M. (2024). Implementasi Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum di MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 8(September), 79–95.
Eka Yanuarti dan Devi Purnama Sari HS. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris). Jurnal At-Ta’lim, 19(1), 46–65.
Febriani, E., Syaifuddin, M., & Syafaruddin. (2023). Kebijakan Pemerintah Tentang Standar Pembiayaan Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 114–120. http://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/JIEE/article/view/65#
Firdaus, D. R., Hariyati, N., & Amalia, K. (2024). Menguak Fondasi Evaluasi Pendidikan: Sebuah Kajian Landasan Teoritis Evaluasi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2843–2851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6873
Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668
I Made Laut Mertha Jaya. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Qurdran.
Musa, F., & Sawaluddin. (2020). Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI : Analisis Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pembiayaan Pendidikan Islam di Madrasah. Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 14–26.
Putra, S. K., & Mei, R. (2021). Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Praktiknya Di Lembaga Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 63. https://doi.org/10.24252/jme.v1i1.25204
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti Lumbantobing, Mima Defliyanti Saragih, Al Firman Mangunsong, Chairun Nisa, Johan Pardamean Simanjuntak, & Jamaludin Jamaludin. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003
Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.106
Sawaluddin. (2021). Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Journal of Islamic Education El Madani, 1(1), 43–55.
Sawaluddin, M. S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam. Jurnal PTK & Pendidikan, 6(1), 13–24.
Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372
Tambak, S., Amril, A., & Sukenti, D. (2021). Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 117–135. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1055
Turmuzi, M. (2022). Analisis Kesenjangan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan Model Evaluasi Discrepancy. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6884–6896. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3672
Yudin Citriadin. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF Suatu Pendekatan Dasar. Sanabil Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.