Analisis Pemikiran Ra’fat Farīd Suwailim tentang Pendidikan Anak dalam Kitab Tarbiyyah Al-Ṭifl

Authors

  • Parlindungan Simbolon Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau
  • Siti Sarah Izham Universiti Teknologi MARA (UiTM)

DOI:

https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.137

Keywords:

Pemikiran, Pendidikan Anak, Ra’fat Farīd Suwailim, Tarbiyyah Al

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan sistematika penulisan kitab Tarbiyyah al-Ṭifl dan menganalisis pemikiran Ra’fat Farid Suwailim tentang pendidikan anak dalam Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan dengan melakukan studi teks langsung kepada kitab Tarbiyyah al-Ṭifl. Adapun tahap-tahap yang harus ditempuh peneliti dalam penelitian kepustakaan adalah Pertama, mengumpulkan bahanbahan penelitian. Bahan yang dikumpulkan adalah berupa informasi data empirik yang bersumber dari buku-buku, jurnal, hasil laporan penelitian resmi maupun ilmiah dan literatur lain yang mendukung tema penelitian ini. Kedua, membaca bahan kepustakaan. Dalam membaca bahan penelitian, pembaca harus menggali secara mendalam bahan bacaan yang memungkinkan akan menemukan ide-ide baru yang terkait dengan judul penelitian. Ketiga, Membuat catatan penelitian. Keempat, Mengolah catatan penelitian. Semua bahan yang telah dibaca kemudian diolah atau dianalisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang disusun dalam bentuk laporan penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa kitab Tarbiyyah al-Ṭifl disusun oleh Ra’fat Farīd Suwailim secara khusus berkaiatan dengan cara mendidik anak sejak masih dalam kandungan sampai baligh. Ra’fat Farīd Suwailim menyatakan bahwa dalam Islam sejak masa penyapihan sampai usia remaja seorang anak berhak mendapatkan pendidikan dari orang tuanya terutama pada masalah aqidah, ibadah, sosial dan akhlak.

References

‘Abdurrahman al-Nahlawi (1999), Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha, Beirut: Dar al-Fikr.

Ahmad Syah (2008), Term Tarbiyyah, Ta’lim dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam, Jurnal al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman Volume 7.

Ali Abdul Halim Mahmud (2000), Pendidikan Ruhani, Jakarta: Gema Insani Press.

Azyumardi Azra (2000), Pendidikan Islam tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta : Logos.

Fahmi Anwar Nasution, Amril Mansur (2024), Journal of Islamic Education El Madani, 3 (2), 73–80. https:// doi.org/ 10.55438 /jiee.v3i2

Hadarna (2020), Pendidikan Anak Perspektif Islam, Jurnal Didaktika Volume 9

Hafshah Wulan Kamalia (2022), Pengaruh Pendidikan Agama Islam, Terhadap Perkembagan Moral Anak Usia Dini di KB Arrozzaq Desa Tanjung Kerta Tasikmalaya, Jurnal Iailm.

Hakiman (2022), Pendidikan Jasmani Dalam kitab At-Tahliyah wa At-Targhib dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Al Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam Tahun.

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668

Hasbi, H. (2022). Perbandingan Pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan Metode Diskusi dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 113–120

Lis Yulianti Safrida Siregar (2016), Pendidikan Anak Dalam Islam, Jurnal Ar-Raniry Volume 1.

M. Asymar A. Pulungan (2022), Konsep Dasar Pendidikan Dalam Islam: Ta’lim, Tarbiyyah dan Ta’dib, Jurnal Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Volume 2.

Mahyarni, A. (2024). Implikasi Integrasi Sains dan Agama Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 3(2), 81–95

Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti, Ilyas Husti, Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawaluddin Sawaluddin, Miftah Syarif, M. H. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Muhammad Naquib al-Attas (1996), The Concept of Education in Islam: A Frame, Work for an Islamic Phylosophy of Education, Terj. Haidar Bagir, Bandung: Mizan.

Nurliana (2021), Pendidikan Anak Perspektif Psikologi, Jurnal Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam Volume 6.

Omar Muhammad al-Toumy al-Syaibani (1979), Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Jakarta: Bulan Bintang

Ra’fat Farīd Suwailim (1429), Tarbiyyah al-Ṭifl, Kairo: Dār al-Yusr.

Rahmah Maulidia (2011), Fiqh Parenting dan Hak Asasi Anak Perspektif Kyai di Ponorogo, Kodifikasia, Volume 5, No. 1

Ramli, M. (2022). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i2.29

Sary Zuanda, Mardhiyah, Dewi Wulandari Fahrezi, Afriza, (2024), Urgensi Pembinaan Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Journal of Islamic Education El Madani, 2(3), 65–72. https://doi.org/10.55438/jiee.v3i2

Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, I. A. S. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans seized the opportunity and attained the golden peak previously held by Islam . 3 realized how backward Islamic Civilization was and aspired to r. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 115–128

Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263.

Siregar, S. (2020). Hubungan Potensi Indra, Akal, Dan Kalbu Dalam Al-Qur’an Menurut Para Mufassir. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.2185Skeel, D. J. (1995). Elementary social studies: challenges for tomorrow's world. Harcourt Brace College Pub.

Syahrul Hasibuan. (2023). Spritualitas Pendidikan Islam Menurut Syed Naquif Al-Attas. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 12–26

Syofrianisda (2018), Pendidikan Akhlak Dalam al-Qur’an, Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 7

Teuku Zulfikar (2023), Hak dan Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Berdasarkan Pasal 45 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, Jurnal Evidence of Law Vol. 2 No. 1 Januari-April.

Walter Leal Filho (2023), The Effects of Climate Change on Children’s Education Attainment, Sustainability

Downloads

Published

2024-12-20

Issue

Section

Articles