Model Pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.135Keywords:
Model, Defining, Designing, Developing, DisseminatingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui tentang model pengembangan 4D. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif dengan mengkombinasikan pendekatan library research dengan teknik pengumpualan data dokumentasi. Penulis juga menggunakan teknik content analisis. Pembahasan yang bersifat penelitian mendalam dengan mengumpulkan semua informasi baik dalam bentuk tulisan-tulisan maupun dalam bentuk informasi media massa. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, define (pendefinisian) dengan melakukan front-end analysis untuk memetakan masalah, learner analysis untuk mengetahui karakteristik peserta didik, concept analysis untuk mengetahui konsep materi diajarkan dan penentuan capaian pembelajaran yang diinginkan. Kedua, design (perencanaan) dengan membuat uji kriteria, pemilihan media pembelajaran dan permainan yang sesuai, bentuk penyajian pembelajaran, simulasi materi dengan media dan permainan yang telah dirancang. Ketiga, develop (pengembangan) dengan melakukan expert appraisal rancangan pembelajaran berbasis permainan kepada ahli permainan dan ahli materi, revisi desain pembelajaran, uji coba pembelajaran berbasis permainan dalam skala kecil, dan revisi model pembelajaran berbasis permainan. Keempat, disseminate (penyebaran) dengan menerapkan pembelajaran berbasis permainan dalam seting kelas sesungguhnya.
References
Agustina, R., & Vahlia, (2016) “Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata
kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika”. Aksioma,
(1), 285–292. https://doi.org/10.14746/strp.2015.40.1.28
Alif Fauzia. (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Prezi Pada Pokok Bahasan Kd 3.5 Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian Indonesia Di Kelas X Ips Al-Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi”. Volume 5 Nomor 3.
Herowati, Lutfiana Fazad Azizah. (2022) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbantuan Buku Petunjuk Media Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Pesisir”. Volume 12, Nomor 1.
Ibrahim, M. (2023) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran”. Jakarta: Direktorat PLP Dirjendikdasmen, Depdiknas.
Irnando Arkadiantika, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, Prita Dellia. (2019) “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic”. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.
Jasmine Riani Johan1, Tuti Iriani, Arris Maulana. (2023) ”Penerapan Model Four-D Dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan.” Jurnal Pendidikan West Science. Vol. 01, No. 06.
Marinu Waruwu. (2024) “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D)”: Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Waruwu Et Al
Maydiantoro, A. (2021) “Model Penelitian Pengembangan”. FKIP Universitas Lampung.
Muchamad Saiful Muluk Dan Ibnu Athaillah. (2023)“Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Permainan Pada Mata Kuliah Agama Islam Di AKN Putra Sang Fajar Blitar Menggunakan Model 4-D Thiagarajan.” Jurnal Pendidikan Islam. Volume 4, Nomor 2.,
Mulyatiningsih, E(2011). “Pengembangan model pembelajaran”. UNY Press.
Nana Syaodih Sukmadinata, (2013) “Metode Penelitian Pendidikan” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2012) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D” (Bandung: Alfabeta
Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) “Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran 4-D”.
Yulianti (1974) ttps://www .academia. edu/ 6744622/ Gambar Model Pengembangan Perangkat embelajaran 4 D Thiagarajan Semmel dan Semmel
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.