Pendidikan Multikultural dan Inklusi

Authors

  • Intan Mainur Haditsa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Raiu

DOI:

https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.133

Keywords:

Inklusif, Pendidikan Multikultural

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pendidikan inklusif yang berfokus pada multikultural di sekolah inklusi. Metode penelitianan yang diterapkan adalah studi kepustakaan dan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas B. Informan yaitu kepala sekolah dan guru kelas A. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian, ditemukan bahwa Guru melaksanakan proses internalisasi dengan mengenalkan budaya, bentuk aktivitas pembelajaran pendidikan multikultural dilakukan melalui pengenalan bahasa (Arab, Inggris, dan Jawa), budaya (pakaian adat), seni (tarian daerah), field trip (mengunjungi museum) dan permainan tradisional. Implementasi inklusi yang belum diterima dengan serius oleh semua kalangan masyarakat, perlu disosialisasikan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya hal ini. Proses inklusi dalam bidang pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa dan mengurangi perasaan terasing dari budaya, kurikulum, serta komunitas sekolah yang ada. Kesimpulannya, pendidikan inklusif hadir dengan ide yang ingin memastikan bahwa pendidikan dapat diakses dengan mudah oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

References

Banks, James A. (2002). An introduction to multicultural education. Boston- London: Allyn and Bacon Press

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227.

Direktorat PLB, Mengenal Pendidikan Terpadu, Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdiknas, 2004.

Fahmi Anwar Nasution, Amril Mansur (2024), Journal of Islamic Education El Madani, 3 (2), 73–80. https:// doi.org/ 10.55438 /jiee.v3i2

Gorski, P. C. (2016). Making better multicultural and social justice teacher educators: a qualitative analysis of the professional learning and support needs of multicultural teacher education faculty. Multicultural Education Review, 8(3), 139–159.

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668

Hasbi, H. (2022). Perbandingan Pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan Metode Diskusi dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 113–120

Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusif. Ar-Ruzz Media.

Mahyarni, A. (2024). Implikasi Integrasi Sains dan Agama Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 3(2), 81–95

Maksum, A., & Ruhendi, L. Y. (2004). Paradigma pendidikan universal di era modern dan post-modern: mencari" visi baru" atas" realitas baru" pendidikan kita. IRCiSoD.

Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti, Ilyas Husti, Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawaluddin Sawaluddin, Miftah Syarif, M. H. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51.

Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Anak yang Memiliki Kelainan dan memiliki potensi istimewa.

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2020). Penanaman karakter toleransi di sekolah dasar inklusi melalui pembelajaran berbasis multikultural. Inovasi Pendidikan, 293–302.

Ramli, M. (2022). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i2.29

Sary Zuanda, Mardhiyah, Dewi Wulandari Fahrezi, Afriza, (2024), Urgensi Pembinaan Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Journal of Islamic Education El Madani, 2(3), 65–72. https://doi.org/10.55438/jiee.v3i2

Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, I. A. S. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans seized the opportunity and attained the golden peak previously held by Islam . 3 realized how backward Islamic Civilization was and aspired to r. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 115–128

Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263.

Siregar, S. (2020). Hubungan Potensi Indra, Akal, Dan Kalbu Dalam Al-Qur’an Menurut Para Mufassir. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.2185Skeel, D. J. (1995). Elementary social studies: challenges for tomorrow's world. Harcourt Brace College Pub.

Stubs, S. (2002). Inclusive Education Where There Are Few Resourches, Olso: The Atlas Alliance

Suwandi. (2021). Analisis Data Research dan Development Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 1(1), 43–55.

Sulthon. 2019. Pendidikan Dasar Inklusif Di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan, INKLUSI:Journal Of Disability Studies Vol 6 No 1, JanuaryJune

Syahrul Hasibuan. (2023). Spritualitas Pendidikan Islam Menurut Syed Naquif Al-Attas. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 12–26

Tarmansyah. 2009. “Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 03 Alai Padang Utara Kota Padang (Studi Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah Ujicoba Sistem Pendidikan Inklusi )”. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume IX No.1 April 2009, hlm. 1 – 16.

Tilaar, H.A.R. (2002). Perubahan sosial dan pendidikan: pengantar paedagogik transformatif untuk indonesia. Jakarta: Grasindo.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yaqin, M. Ainul. (2005). Pendidikan multikultural: cross-cultural understanding untuk demokrasi dan keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Yusuf, Munawir. 2014. Manajemen Sekolah Berbasis Pendidikan Inklusif. Solo: Tiga Serangkai.

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles