Pendidikan Anak menurut Lukman Al-Hakim dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.131Keywords:
Pendidikan Anak, Lukman Al-Hakim, Al Qur'anAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang konsep pendidikan akhlak menurut Lukman Al-Hakim. Adapun Metode penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah bersifat kajian Pustaka atau disebut juga denga Library Research. Adapun teknik pengumpulan data adalah berupa dokumentasi, yaitu dengan cara mengumpulkan informasi melalui literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Dan adapun teknik analisis datanya adalah conten analisis. Penulis memanfaatkan berbagai buku-buku, jurnal, serta refernsi yang relevan dengan pembahasan. Adapun hasil dari kajian ini bahwa bahwa Lukman Al-Hakim memulai pendidikan kepada anaknya dengan pendidikan Akidah kemudian diiringi dengan pendidikan akhlak baik itu akhlak kepada Allah dan RasulNya dan juga terhadap sesama dan yang paling penting adalah terbentuknya anak yang berbakti kepada kedua orang tua, terbentuknya pribadi yang disiplin, serta ketaatan akan aturan yang ada, pendidikan kemandirian, adanya tanggung jawab dan kepekaan antar sesama, senantiasa berlomba lomba dalam berbuat
References
Chusna, P. A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Anak Selayang Pandang Lukman Al-Hakim. Al-Makrifat, 3(1), 146–168.
Fika Fitrotin Karomah, & Rahmat, A. (2022). Model Pendidikan Karakter Dalam Kisah Luqman Al-Hakim. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(1), 101–120. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.203
Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668
Hanif, S., & Irsyad, M. (2022). Interpretasi Kisah Luqman dalam Al-Qur’an pada Realitas Agama dan Sosial (Pendekatan Sastra Kebahasaan). Hikmah, 19(1), 38–49. https://doi.org/10.53802/hikmah.v19i1.147
Harahap, K. S., & Husti, I. (2022). Desain Pendidikan Aqidah Spritual dalam Hadits dan Kurikulumnya. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 83–98.
Harahap, L. H. (2022). Penguatan Kecerdasan Sikap Multikultural (Sosiologis) Laela. Journal of Islamic Education El Madani, 2(1), 53–60. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Harahap, L. H. (2023). Problematika Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal of Islamic Education El …, 2(2), 93–100. http://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/JIEE/article/view/47%0Ahttp://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/JIEE/article/download/47/43
Hasibuan, S. (2022). The Effect of Principal Leadership and Teacher Motivation on Teacher Performance. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 565(01), 41–53. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.207
Maryam, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Persepektif Al-Quran. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 79–96. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.67
Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti , Ilyas Husti4 , Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawa- luddin Sawaluddin, Miftah Syarif, M. H. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23
Mukodi, M. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 429–450. https://doi.org/10.21580/ws.19.2.166
Nasution, H. H., Mahdi, N. I., & Fitri, Z. Z. (2023). Dasar Perkembangan Berfikir Anak Usia Dini dalam Presfektif Al-Qur’an dan Hadis. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(1), 50–63. https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.7545
Qolbiyyah, S. (2020). KETELADANAN LUQMÂN AL-HAKIM DALAM MEMBENTUK AKHLAK ANAK (Kajian Tafsir Surat Luqmân Ayat 12-19). Sumbula, 5(1), 198–221.
Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, I. A. S. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans seized the opportunity and attained the golden peak previously held by Islam . 3 realized how backward Islamic Civilization was and aspired to r. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 115–128.
Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.106
Sawaluddin, S., Harahap, K. S., Syaifuddin, M., Zein, M., Sainab, S., & Latif, S. A. (2019). Development of the Potential Senses, Reason, and Heart According to the Qur’an and its Application in Learning. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.114
Siregar, S. (2020). Hubungan Potensi Indra, Akal, Dan Kalbu Dalam Al-Qur’an Menurut Para Mufassir. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.2185
Street, R. H., Makmur, B., & Riau, B. B. (2018). The Potential of the Senses in Al-Quran as the Basic Elements of the Human Physic and Its Application in Learning. 261(Icie), 158–162.
Suardi, Afriza, A. (2019). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka terhadap kedisiplinan dan Kemandirian Siswa pada Lembaga Madrasah Yayasan. 2, 11–20.
Syahrul Hasibuan. (2023). Spritualitas Pendidikan Islam Menurut Syed Naquif Al-Attas. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 12–26.
Syukur, A., & Nata, A. (2023). Pendidikan Akhlak Dalam Teladan Luqman Al Hakim. Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi, 2(01), 133–147. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.375
Tajussubki, H. M. (2023). Wasiat Luqman Al-Hakim ( Kajian Tafsir Surat Luqman ayat 13-19 ). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 146–153.
Tangngareng, T., Abdullah, I., Rahman, R., & Sawaluddin, S. (2023). the Construction of Hadith Addressing Genetic Engineering of Humans. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 20. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.14716
Wafa, Z. (2023). Pendidikan Karakter dan Dakwah Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Perpektif Tafsir Tematik. Jurnal Ad-Da’wah, 21(1), 52–69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.