Model Pembelajaran Inkuiri dalam Perspektif Al Qur'an

Authors

  • Fatimah Depi Susanty Harahap Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Raiu
  • Arbi Arbi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.130

Keywords:

Learning Model, Inquiry, Al Qur'an

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Perspektif Al Qur'an. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan (libraryresearch), yaitu dengan mengumpulkan data dari artikel- artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Perspektif Al Qur'an. Metode Analisis yang digunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif merupakan sebuah bentuk analisis yang berupa penjelasan dan mengeksplorasi ide-ide utama yang berkenan dengan topik yang dibahas, Selanjutnya, langkah menganalisis data yaitu reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah  Model Pembelajaran Inkuiri dalam Al-Qur’an menyatakan bahwa model inkuiri adalah sebuah model proses pengajaran yang berdasarkan atas teori belajar dan perilaku. Inkuiri merupakan suatu cara mengajar murid-murid bagaimana belajar dengan menggunakan keterampilan, proses, sikap, dan pengetahuan berpikir rasional. Al qur’an memberi dorongan untuk melakukan penelitian tentang adanya kebenaran dibalik fenomena fisik dari alam semesta, yang pada gilirannya akan membawa penemuan baru yang membawa perubahan bagi kehidupan. Sebagai contoh beberapa ayat Al Qur’an yang berisi isyarat ilmu pengetahuan adalah ayat-ayat Surat Al-An'am Ayat 99, Surat Yunus Ayat 101, Surat Al- A’raf Ayat 185,  Surat Saba Ayat 9, Surat AL Ghasiyah Ayat17-20, dan Surat Al- Baqarah Ayat 259. Adapun Muhasabah Ayat-Ayat tentang Model Pembelajaran Inkuiri dalam Al-Qur’an, terdapat Allah swt meminta manusia melihat, memperhatikan serta mengamati ciptaan-Nya yang ada disekelilingnya guna untuk mengetahui hakekat kebenaran dan keagungan Allah. Sementara itu mater Model Pembelajaran Inkuiri dalam Al-Qur’an, yaitu yang berhubungan dengan; Tafakkur, Tadzakkur, Tabashur (wawasan/pandangan), Fiqh (memahami), Ta'aqqul (penalaran, refleksi),  Tadabbur (memerhatikan),  adapun Langkah-langkah Model Pembelajaran Inkuiri dalam Al-Qur’an yaitu; Orientasi masalah, Merumuskan masalah, Membuat hipotesis, Mengumpulkan informasi atau data (eksplorasi), Menguji hipotesis,Membuat kesimpulan.

References

Achmad Dicky Santoso, Sholikah, Siti Mutti’ah, & Heny Kusmawati. (2023). Aplikasi Pembelajaran Pai (Pendidikan Agama Islam) Metode Ibl (Inquiry Based Learning) Berbasis Zone Activity Di Mts Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan. Journal of Student Research, 1(1), 238–248. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.983

Akmal, F. (2024). Learning Development Of Expository And Inquiry Integrative Qur’an Hadith Materials In High School. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (INJURIES), 2(1), 49–56.

Arlina, A., Hasibuan, R. M., Mulyani, N., Lesmana, B., & Harahap, R. N. (2023). Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 226–239. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.88

Arlina, Oktafera, A., Maharani, A. W., Rangkuti, N. A., & Putri, A. (2022). Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Alquran Hadis. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.55623/au.v3i2.125

Arni, J. (2013). Metode Penelitian Tafsir (1st ed.). Daulat Riau.

Bakri, B. (2022). Strategi Dengan Inkuiri Pembelajaran Al Qur’an Hadist Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Haq Lampung Tengah. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(4), 89–96.

Dalimunthe, D. S. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI DI SMA N 1 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Vinertek Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(2), 67–72.

Falahudin, I., Wigati, I., & Astuti, A. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1133

Fitriani, W. F. (2021). Inkuiri Studi Islam Anak Usia Dini. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 13(1), 173–188. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i1.362

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Hasbi, H. (2022). Perbandingan Pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan Metode Diskusi dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 113–120. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i2.30

Kamal, H. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Menurut Al-Qur’an. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2). https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1797

Kurniasari, R. D., Suparmi, S., & Sunarto, S. (2018). Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Proyek Dengan Media Power Point Dan Macromedia Flash Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Gaya Belajar Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 313. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.23026

Mahyarni, A. (2024). Implikasi Integrasi Sains dan Agama Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 3(2), 81–95.

Mansur. (2021). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Qur’Ani. In INSTITUT PTIQ JAKARTA (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1.259

Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti , Ilyas Husti4 , Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawa- luddin Sawaluddin, Miftah Syarif, M. H. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Munthe, M. Z. (2022). Upaya Peningkatan Kreatifitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Al Amtsal Di MIS Perdamean Sigambal Rantauprapat. Qalam Lil Mubtadiin, 1(1), 1–14.

Muttaqin, A. I., & Rohim, N. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas Vii Mts Miftahul Huda Watukebo Blimbingsari. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 10–27.

Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022). Metode Pengajaran Dalam Persefektif Al-Qur’an (Tinjauan Q.S. An-Nahal Ayat 125). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i2.1190

Puspitasari, D. R., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 98.

Ramli, M. (2022). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i2.29

Saraswati, M. D. (2021). The Application of Qiroati Method in Learning to Read Qur’an on Elementary Students in Pesantren Abu Fayyad At-Tijaniy Al-Islami Randuagung Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 1(2), 195–214. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/view/1251%0Ahttps://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/risalatuna/article/download/1251/526

Sarijal, Halim, A., & Mustafa. (2015). Model Pembelajaran Inkuiri Terinternalisasi Ayat-Ayat Al- Qur ’ an Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(01), 195–206. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jps

Sastradiharj, E. J., & Dahliah, D. (2023). Model Pembelajaran Sains Berbasis Al-Qur’an Pendekatan Project Base Learning (Studi Kasus Di SDS Al-Hikmah Mampang Jakarta Selatan). Journal on Education, 5(4), 14390–14398. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2477

Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, I. A. S. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans seized the opportunity and attained the golden peak previously held by Islam . 3 realized how backward Islamic Civilization was and aspired to r. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 115–128.

Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, S. R. (2022). Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 257–263. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.106

Sawaluddin, K. J. (2020). Qur ’ an and Hadiths in Social Media : Messages of the Qur ’ an and Hadith in using Social Media. SCITEPRESS – Science and Technology Publications, Icri 2018, 1864–1871. https://doi.org/10.5220/0009936618641871

Siregar, S. (2020). Hubungan Potensi Indra, Akal, Dan Kalbu Dalam Al-Qur’an Menurut Para Mufassir. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.2185

Surbakti, N. E., Zaki, A., & Fuadi, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Langkat. Journal of Student …, 1(3), 8–20. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/1065%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/download/1065/872

Suwandi. (2021). Analisis Data Research dan Development Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 1(1), 43–55.

Syahrul Hasibuan. (2023). Spritualitas Pendidikan Islam Menurut Syed Naquif Al-Attas. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 12–26.

Syahrum, S. &. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Syaifulloh, M. (2017). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 108–143. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.132

Ulfa, M. (2020). Metode Inkuiri dalam Perspektif Al- Qur ’ an (kajian tafsir maudhu’i). Jurnal Intelektualita, Vol 9(2), 33–50.

Untung, M. S. (2019). Metodedoogi Penelitian (p. 39). Litera.

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Downloads

Published

2024-12-22

Issue

Section

Articles