Tafsir Ilmiah Al-Qur’an Mariuce Bucaille

Authors

  • Khoirul Amri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Nazir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sri Muharyati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.55438/jiee.v3i2.102

Keywords:

Tafsir Ilmiah, Al-Qur’an, Mariuce Bucaille

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat dan menganalisa Tafsir Ilmiah Al-Qur’an: Mariuce Bucaille. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah   menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur (bahan-bahan materi) yang bersumber dari berbagai macam jurnal dan buku yang ditulis oleh orang-orang paham dan membahas tentang administrasi pendidik dan tenaga kependidikan. Setelah bahan-bahan literatur yang bersumber dari jurnal dan buku tersebut dikumpulkan maka disusunlah artikel ini dengan menggabungkan semua literatur didapatkan yang sesuai dengan administrasi pendidikan terutama administrasi pendidik dan tenaga pendidikan yang sangat berkaitan. Adapun hasil penelitian ini adalah Maurice Bucaille adalah seorang dokter ahli bedah berkebangsaan Prancis yang mendalami bahasa Arab  agar benar-benar mampu memahami teks asli Al-Qur’an sejak diterbitkannya Bible, Sains, dan Al-Qur’an  ia melihat Al-Qur’an melalui kacamata sains dengan melampirkan bukti penelitiannya sendiri dengan buku best sellernya “La Bible Le Coran at La Science. Maurice Bucaille melalui pendekatan sainsnya menafsirkan tentang ayat-ayat yang berhubungan dengan penciptaan manusia, langit, bumi sebagai berikut: Maurice Bucaille mengelompokkan proses reproduksi kepada 4 bagian: yaitu pembuahan (fertilization) terjadi karena kadar yang sangat sedikit daripada cair, watak dan zat cair yang membuahi, menetapnya telur yang sudah dibuahi, dan perkembangan embrio Menurut Bucaille, Al-Qur’an yang mengajak manusia untuk memperdalam sains.

References

Ahmad Fudhail. (2020). Menjawab Keraguan Maurice Bucaille tentang Kesesuaian Hadis dan Sains. Refleksi Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat, 19(1), 1–30.

Alwi, Z., Puyu, D. S., & Triantoro, D. A. (2022). Respecting the Red White Flag and National Commitment in the Perspective of Hadith. ADDIN, 16(1), 75–102.

Arlicia. (2018). Reproduksi Manusia Menurut Maurice Bucaille Dalam Perspektif Islam. Skripsi, 94.

Azhari, A. A. (2024). Integrasi Islam Dengan Sains Perspektif Maurice Bucaille. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(6), 234–240.

Bakti, D. K. Y., & Harahap, S. (2023). Tinjauan Filosofis: Komparasi Pemikiran Maurice Bucaille dan Allama Tabatabai terhadap Sains dan Al-Qur’an. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 8(2), 153–166. https://doi.org/10.47766/almabhats.v8i2.1996

Bucaillle, M. (1998). Asal-usulManusia, Menurul Bibel, Al-Qur’an, Sains (XII). Mizan.

Darsyah, S. (2022). Hadis-Hadis Tarbawi Tentang Integrasi Ilmu, Sains Dan Teknologi. AT-Thullab: Journal of Islamic Studies, 3(2), 1–11. https://ejournal.stai-nh.ac.id/atthullab/article/view/30%0Ahttps://ejournal.stai-nh.ac.id/atthullab/article/download/30/15

Hully, Rahman, Ahmad Zikri, Irwan, Sawaluddin, Achmad Ghozali Syafii, Y. (2023). Internalizing Religious Moderation Values Into The Islamic Education At University. Journal of Namibian Studies, 1(34), 1122–1138.

Laila, I. (2014). Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Ilmu Pengetahuan. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(1). https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.1.45-66

Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti , Ilyas Husti4 , Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawa- luddin Sawaluddin, Miftah Syarif, M. H. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Permono, A. (2019a). BUCAILLISME AYAT-AYAT SAINS : Sebuah Kritik Metodologi. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 31–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550540

Permono, A. (2019b). Kritik Metodologi Penafsiran Bucaillisme Atas Ayat-Ayat Sains. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 1. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1901-01

Priyanto, D. (2014). Pemetaan Problematika Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Teknologi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 222–240. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.713

Qur ’ anic Terminology on Human Sense , Rational and Intuitive Potency. (1973).

Rianto, D. J. (2021). Penentuan Intensitas Curah Hujan dalam Menentukan Debit Limpasan untuk Rekomendasi Pembuatan Saluran Air Terhadap Tipe Dinding Saluran Air yang Berbeda. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1795–1804.

Rohmah, S. (2017). SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM AL-QUR’AN (FENOMENA MAKROKOSMOS DAN MIKROKOSMOS). Al-Murabbi, 2(1), 82.

Rukiah, Zulfan Saam, Sukendi, N. J. dan S. (2020). Development of environmental professional behavior based on natural school study case natural school of Universe ( SOU ), Indonesia. Eco. Env. & Cons, 26(2020), 6.

Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, I. A. S. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans seized the opportunity and attained the golden peak previously held by Islam . 3 realized how backward Islamic Civilization was and aspired to r. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 115–128.

Sawaluddin, K. J. (2020). Qur ’ an and Hadiths in Social Media : Messages of the Qur ’ an and Hadith in using Social Media. SCITEPRESS – Science and Technology Publications, Icri 2018, 1864–1871. https://doi.org/10.5220/0009936618641871

Sawaluddin, S., Hitami, M., Darussamin, Z., & Sainab, S. (2018). The Potential of the Senses in Al-Quran as the Basic Elements of the Human Physic and Its Application in Learning. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.28

Sawaluddin, S., & Sainab, S. (2019). THE INTELLIGENT MEANING IN THE QUR’AN: Nalysis Of The Sure Potential In The Al-Qur’an As A Dimension Of Human Psychic Insaniah. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24014/jiik.v9i2.8388

Sawaluddinsiregar, S. S. (2018). Air Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2112

Siregar, S. (2020). Hubungan Potensi Indra, Akal, Dan Kalbu Dalam Al-Qur’an Menurut Para Mufassir. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.2185

Sudrajat, A. (2018). Al-Quran Dalam Perspektif Budaya. Humanika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/hum.v8i1.21008

Syahrul Hasibuan. (2023). Spritualitas Pendidikan Islam Menurut Syed Naquif Al-Attas. Journal of Islamic Education El Madani, 2(2), 12–26.

Tangngareng, T., Abdullah, I., Rahman, R., & Sawaluddin, S. (2023). the Construction of Hadith Addressing Genetic Engineering of Humans. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 20. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.14716

Zamimah, I., & Azhari, H. N. (2022). Air Dalam Tafsir Al-Azhar: Kajian Ayat Siklus Air dengan Pendekatan Hidrologi. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 7(1), 36. https://doi.org/10.33511/misykat.v7n1.36-57

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles